Tips membuat desain yang unik

Dalam segala hal, perlu adanya tips atau kiat atau bisa disebut juga strategi. Hal ini ditujukan agar semua hal yang kita lakukan mendapatkan hasil yang maksimal. Begitu pula dengan membuat suatu maha karya desain. Suatu project yang dihasilkan dengan mematuhi strategi, akan lebih memiliki peluang besar untuk berhasil. Saya akan memberikan tips membuat desain.

1. Melakukan riset sebanyak mungkin sebelum beraksi

Banyak yang mengatakan desain adalah hasil dari sebuah kemampuan murni dari allah. Proses kilat yang didapat saat mendapatkan ide. Itu sebenarnya sebuah puitis pendek yang belum selesai kalimatnya. Kemampuan untuk mendapatkan ide brilian dipunyai oleh semua manusia. Tinggal bagaimana manusia nya dalam menanggapi nya. Suatu ide perlu di gali dan di cari seluk beluknya untuk lebih mengetahui apa yang akan kita buat. Hal ini akan memudahkan dalam menambahkan detail yang sekecil mungkin dalam desain yang akan kita buat. Riset ide ini bisa sangat beragam. Riset adalah hal yang paling membutuhkan waktu. Jadi kesabaran sangatlah penting dalam menjalankan riset.

2. Tulis atau catat step by step apa yang akan kita lakukan

Setelah mendapatkan ide dan meriset sebanyak-banyaknya ide tersebut, maka catatlah. Kemampuan mengingat manusia sangatlah terbatas. Jadi jangan sampai ketika mendapatkan ide brilian untuk dijadikan desain tapi gara-gara menunda nya karena suatu hal dan tidak mencatatnya, ide brilian tersebut hilang dan lupa. Dengan mencatat apa yang akan di kerjakan,  desain akan terarah. Biasanya banyak sekali ide yang muncul ketika mengerjakan suatu desain. Sebisa mungkin catat dan sortir atau pilih sesuai dengan tema awal desain yang akan dikerjakan.

3. Selalu fokus dalam satu rencana yang matang

Poin ini jadi sangat penting karena poin ini menyangkut sifat alami manusia. Manusia pengen semua hal yang diinginkan itu menjadi kenyataan. Kebanyakan semua keinginan dikerjakan tanpa arah. Dan semuanya gagal. Ada yang berhasil itu juga gak maksimal. Demikian juga gambaran untuk membuat desain. Fokus adalah harga mati untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ide akan datang bertubi tubi. Baik yang tidak berkualitas atau pun yang sangat berkualitas. Namun jika ditanggapi semuanya, bisa jadi semuanya akan gagal. Karena belum selesai satu proyek sudah mengerjakan proyek yang lain. Dan begitu seterusnya. Jadi fokuslah dalam berkarya. Dan dapatkan hasil kerja kerasnya di akhir pekerjaan.

4. Selalu berfikir lebih

Usahakan menantang diri untuk berkreasi lebih. Secara tidak langsung juga akan menghasilkan sebuah karya baru yang unik. Berfikir untuk berada di zona aman memang bagus dan tidak salah tapi hal tersebut akan mematikan kreatifitas. Menggali potensi diri akan membentuk pribadi yang tidak cepat puas dan bangga dengan hasil yang didapat. Yang timbul dan tumbuh justru pribadi yang ingin terus belajar dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Cari kelemahan diri saat keterpurukan datang

Banyak sekali seseorang yang berkarya dan mendesain sesuatu itu ketika gagal kemudian mereka menyerah dan putus asa. Sbenarnya di situlah letak kesalahan terbesarnya. Diambil sisi baiknya. Desain gagal berarti memang desain tersebut belum layak untuk konsumsi umum. Belum ada pengakuan dari semua orang bahwa desain tersebut bagus. Dan kuncinya adalah bagaimana caranya mendapat pengakuan tersebut. Bagaimana caranya biar desain tersebut bisa diterima masyarakat. Apakah dengan putus asa desain tersebut bisa dapat pengakuan dan menjadi pantas di masyarakat luas. Jawabnya adalah belajar. Perbaiki dengan latihan dan latihan hingga bisa teraih pengakuan tersebut.

6. Cintai apa yang dilakukan

Mencintai desain tersebut berarti mendesainnya tanpa paksaan. Dan secara tidak sadar kreatifitas akan mengalir. Selalu memberikan yang terbaik untuk yang dicintainya. Menjaganya dengan menambahkan sesuatu yang berbeda biar terlihat beda dari kelas biasa.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Lukman Nur Wahid. Pemimpi besar yang siap mewujudkan mimpi besarnya. Menjadikan kata sebagai alat transportasi mimpinya. Fokus sebagai penyemangat. Dan hati sebagai penyeimbang kesabaran. Perlu suatu ketidakwarasan untuk mewujudkan hal yang dimustahilkan banyak orang #AVO#

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Adbox

@templatesyard