Mengenal Jenis jenis bahan kaos




Speaking

Saya akan menjelaskan beberapa jenis jenis bahan kaos yang biasa digunakan untuk T-shirt distro atau pasaran. Secara umum bahan terbaik adalah kain katun. Tapi taukah kalian bahwa katun sendiri mempunyai beberapa tingkatan dari yang paling bagus atau kualitas tinggi sampai kualitas rendah. 

Conversation : Lesson 1

Belajar Inggris : What is the meaning from this song?


Banyak yang bilang seumpama kita kepengin memesan t-shirt atau kaos, ada kalimat seperti ini. “Saya pengen bahan yang enak dipakai, adem, terus bisa nyerap keringat.” Secara umum itu adalah hal lumrah. Ada baiknya bila kita mengenal jenis jenis bahan kaos itu sendiri. Selain menghindari dari penipuan, kita bisa lebih memperkaya pengetahuan tentang T-shirt atau kaos yang kita pakai.

Pronunciation

1. Katun Combed
Katun Combed dipercaya sebagai katun dengan kualitas nomor satu. Dari bahannya saja sudah kelihatan. Katun Combed terbuat dari kapas murni. Dan secara umum kapas memiliki sifat dingin, nyaman dipakai, halus dan menyerap cairan (kalau untuk bahan kaos berarti menyerap keringat). Katun Combed sendiri memiliki tingkatan juga berdasarkan gramasi atau ketebalan benang. Dalam istilah konveksi terdapat istilah 20s, 24s, dan 30s. Semakin kecil angka nya maka semakin tebal gramasi benangnya. Dan tentunya semakin mahal harganya. Untuk kaos distro dan pasaran, Katun Combed 30s adalah kain favorit.

2. Katun Carded
Kalau yang bahan ini bisa di bilang mempunyai kualitas nomer dua. Tetapi masih memiliki sifat seperti seniornya. Menyerap keringat, dingin tapi bisa dibilang kurang halus. Hasil rajutannya tidak rata bila dibandingkan dengan Katun Combed. Untuk gramasi nya juga sama dengan Katun Combed.

3. Polyester atau PE
Untuk bahan PE ini mempunyai sifat tidak menyerap keringat sehingga bila dipakai panas. Disarankan bila ingin memesan kaos yang nyaman jangan menggunakan kaos PE. Bahan kain PE ini biasa digunakan untuk borongan besar. Seperti pembuatan kaos partai. Bahan PE ini sendiri terbuat dari serat fiber poly tidak ada campuran kapas. Kalau kurang paham istilahnya saya kasih gambaran yang lebih detail. Dalam pembuatan plastik, Fiber Poly diistilahkan sebagai biji plastik. Nah kebayang kan bahan plastik. Tidak bisa menyerap keringat dan tentunya panas.

4. HYGET
Ini dia saudaranya bahan PE. Bahan kain ini juga sangat sering digunakan untuk pembuatan kaos-kaos partai. Bahannya dari polyester juga tapi lebih tipis bila dibandingkan PE. Bahannya juga tidak menyerap keringat. Jadi terasa panas bila dipakai.

 

5. TC atau Teteron Cotton
TC adalah bahan kain kaos yang mengandung campuran kapas dan polyester. Daya serap keringat dari bahan ini tidak sebagus dengan Katun Carded ataupun Katun Combed. Jadi bila dipakai agak panas. Tapi dari semua kekurangannya, TC mempunyai keunggulan tidak mudah kusut bahkan setelah di cuci beberapa kali. Serta tidak gampang mengecil atau susut.

6. CVC atau Cotton Viscose
CVC merupakan bahan kaos campuran juga, seperti TC. Tapi mempunyai presentasi bahan kapas yang lebih banyak dari pada polyester. Daya serap nya lebih bagus dari TC tapi tidak sebagus Katun Combed dan Katun Carded. 

Itulah jenis jenis bahan kaos yang sering digunakan di pasaran. Artikel ini bisa dijadikan pengetahun kita untuk memilih bahan mana yang cocok untuk kebutuhan kita. Semoga bermanfaat. 

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Lukman Nur Wahid. Pemimpi besar yang siap mewujudkan mimpi besarnya. Menjadikan kata sebagai alat transportasi mimpinya. Fokus sebagai penyemangat. Dan hati sebagai penyeimbang kesabaran. Perlu suatu ketidakwarasan untuk mewujudkan hal yang dimustahilkan banyak orang #AVO#

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Cari Blog Ini

Adbox

@templatesyard